4 Kiat Sehat Untuk Pekerja Di Depan Komputer Seharian


Kiat Sehat Untuk Pekerja Di Depan Komputer Seharian


Bekerja di depan komputer berjam-jam seharian tentu dapat menimbulkan gangguan fisik & mental untuk tubuh. Memang dalam sepintas kita tidak akan merasa capek karena terus-terusan duduk di depan komputer.

Namun rutinitas pekerjaan seperti itu ternyata pelan-pelan akan berdampak buruk bagi tubuh. Sebelum dampak yang buruk tersebut terjadi, tentu kita harus lakukan yang namanya pencegahan.

Baca : Kenali Penyebab Sakit Gigi Pada Anak, Jangan Diam Moms

Apa saja tips untuk menghadapi pekerjaan di depan komputer seharian agar terhindar dari penyakit berbahaya?

1. Sempatkan diri berdiri dari kursi


Meskipun anda memiliki deadline yang harus diselesaikan di depan layar berjam-jam, bukan berarti anda harus meniadakan waktu anda untuk menggerakkan tangan dan kaki anda dengan cara berdiri & berjalan-jalan.

Tubuh dapat merasakan nyeri apabila fleksibilitas tubuh tidak digerakkan. Selain itu, energi juga lebih cepat terkuras di sela-sela anda bekerja di depan layar.

Usahakan untuk berdiri dari meja setelah 1 jam penuh duduk di depan komputer/laptop. Gerak-gerakkan tangan kaki anda, bila perlu berjalan di tempat agar pinggang & pinggul anda tetap merasakan aktifitas seperti biasanya.

2. Olahraga Rutin


Ketika kita dihadapkan dengan pilihan sehat atau sakit, tentu kita akan memilih sehat. Namun dengan bekerja penuh waktu di depan komputer, apakah kesehatan kita akan terjamin?

Bahkan orang yang memiliki rutinitas sehari-hari seperti bekerja di lapangan, juga memiliki waktu tersendiri untuk melakukan olahraga rutinnya.

Anda dapat mencoba olahraga seperti bersepeda, lari jogging ataupun sekedar senam di pagi hari agar badan selalu bugar untuk menghadapi beratnya pekerjaan di depan komputer.

3. Kurangi Ngemil Tinggi Karbohidrat


Berlebihan dalam ngemil makanan yang tinggi karbohidrat, lemak & gula tentu dapat mengganggu sistem pencernaan tubuh. Bahkan berat badan anda akan semakin tidak terkontrol, oleh karena itu bagi pekerja yang berhadapan dengan layar monitor sepanjang waktu sangat disarankan untuk menjaga pola ngemil yang baik dan benar.

Baca : Coba 3 Makanan Ini, Dijamin Menghambat Ngidam Rasa Manis!

4. Tidur yang cukup


Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah jam tidur / istirahat. Bila tubuh telah merasa lelah karena pekerjaan di depan komputer, anda harus segera beristirahat.

Waktu yang diperlukan tubuh untuk beristirahat setiap harinya adalah 7-8 jam dalam sehari.

Posting Komentar

0 Komentar